Bore Pile Metode Mesin Mini Crane

Bore pile merupakan pondasi yang termasuk ketegori pondasi dalam,bersama dengan pondasi tiang pancang metode pekerjaan pondasi ini yang paling umum digunakan saat ini untuk berbagai tipe bangunan.Mulai dari pondasi rumah tinggal,ruko,gedung sekolah,kampus,rumah sakit,perkantoran,hotel,pergudangan,pabrik,apartemen dsb.Selain daya dukung yang mumpuni untuk jangka panjang umur bangunan,juga banyaknya ketersediaan alat dan jasa kedua tipe pondasi dalam tersebut serta biaya yang efisien untuk pelaksanaan pekerjaan.

Pondasi bore pile metode mesin mini crane dalam langkah langkah pelaksanaanya secara garis besar antara lain: persiapan lokasi,mobilisasi alat bore pile,setting alat,pengeboran,instalasi tulangan besi dan pengecoran.Adapun sebelum itu perlu dicatat untuk beberapa daerah perlu adanya koordinasi keamanan setempat antara lain RT / RW ,Kelurahan,Kecamatan,hingga Ijin Mendirikan Bangunan serta tetangga sekitar lingkungan lokasi proyek.Koordinasi keamanan entah itu dalam bentuk preman atau Ormas juga perlu diclearkan terlebih dahulu sehingga tidak mengganggu jalanya pelaksaanaan pekerjaan bore pile.
bore pile metode alat mesin mini crane
Langkah demi langkah metode pekerjaan pondasi bore pile alat mesin mini crane secara singkat lebih kurangnya adalah sebagai berikut :

1.Pembersihan lokasi dari benda yang bisa mengganggu proses pengerjaan bore pile,seperti untuk area bekas bongkaran bangunan lama,puing bongkaran dibuang atau disingkirkan kearea yang tidak mengganggu,serta pembuangan bekas pondasi lama jika terkena titik bore pile.

2.Penentuan titik bore pile atau bowplank menggunakan alat theodolite,atau untuk area yang skala luas lokasinya kecil seperti rumah tinggal bisa menggunakan metode bowplank manual dengan siku benang dan selang timbang untuk garis horizontal.

3.Mobilisasi alat kearea lokasi pekerjaan yang dilanjutkan dengan setting alat ketitik pertama yang akan dibor.Perlu direncanakan juga manuver alat,penempatan material,tempat perawatan alat untuk ditempatkan sedemikian rupa agar semua proses pekerjaan bisa berjalan lancar tanpa terganggu dan efisien dari segi waktu.

4.Pembuatan Galian sirkulasi,ini berfungsi untuk menampung air yang dibutuhkan untuk pengeboran,serta lumpur hasil limbah pengeboran nantinya.Setelah jadi galian ini diisi air,ukuran standarnya 2meter x 3 meter dengan kedalaman 1,2meter - 1,5meter.

5.Pengeboran tanah dengan alat bore pile mini crane sesuai diameter yang direncanakan,menggunakan mata bor cross bit untuk pengikisan dibantu dengan dorongan air yang dipompa dari mesin alcon yang dialirkan lewat stang pipa.Hal ini bertujuan untuk mempercepat pengeboran,serta mendorong tanah kikisan bor pile tadi keatas untuk kemudian ditampung di galian sirkulasi.Pengeboran dilakukan sampai dengan kedalaman yang telah direncanakan atau sampai dengan tanah keras.Biasanya ditandai dengan stagnanya mata bor biarpun ditekan berulang ulang.Jika sampai pada proses ini,mata bor tetap diputar sambil semburan air tetap dinyalakan agar lumpur sisa pengeboran bisa terangkat semua.

6.Pemasangan besi tulangan yang telah dirakit sebelumnya.Fabrikasi besi tulangan harusnya bundar ,dan mengikuti besaran diameter bore pilenya.

7.Pengecoran lubang bore pile,merupakan langkah terakhir dalam pelaksanaan jasa bore pile,pipa tremi berdiameter 6 inch digunakan untuk menghantarkan beton sampai kedasar lubang.Pipa diangkat sedikit demi sedikit dengan gerakan naik turun ini bertujuan untuk memadatkan campuran beton serta mendorong keatas air yang bercampur sedikit lumpur yang tersisa,sehingga lubang bor terisi sepenuhnya dengan beton yang berkualitas.
pengecoran bore pile alat mini crane
MANDIRI RAHAYU SENTOSA melayani jasa bore pile dan strauss pile,dengan pengalaman kami dan didukung tukang bore pile dan strauss pile yang kompeten dan proffesional kami siap bekerja sama dengan baik dan proffesional serta harga bore pile yang kompetitif.

Diameter bore pile yang kami kerjakan adalah 30cm,40cm,50cm,60cm dan 80cm,sedangkan diameter strauss pile yang kami kerjakan adalah 20cm sampai 40cm.

Mandiri Rahayu Sentosa
spesialis bore pile 

Alamat 1 : Jalan Jati Barat Raya Blok A No. 120 Rawa Lumbu Bekasi 17117

Alamat 2 : Jalan Menur RT 09/03 Sambung Kec. Godong Kab. Grobogan Jawa Tengah 58164

Telp. atau WA 0813 1472 6789


Email : mandiri.rs@gmail.com

Subscribe to receive free email updates: